Senin, 28 Maret 2011

Muhammadiyah Karawang sukses menerapkan e-Voting pada pemilihan Formatur

Musyawarah Daerah VI Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah yang digelar tanggal 26-27 Maret kemarin diselenggarakan dengan pembukaan yang sangat meriah di Aula Wisma Haji Karawang. Acara  diawali dengan pawai ta’aruf Muhammadiyah yang diikuti oleh kurang lebih 800 orang peserta melintasi sepanjang jalan By Pass Karawang. Dalam pawai ta’aruf ini, SMP Muhamamdiyah Karawang dan SMK Muhammadiyah Cikampek menampilkan tim Drum Band yang sudah dilatih khusus untuk acara Musda ini. Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan seni budaya khas sunda dan paduan suara dari SMA Muhammadiyah Karawang. Dan Acara secara resmi dibuka oleh Bupati Karawang, Ir. H. Ade Swara.

Suasana pembukaan Musda 6 di Aula Wisma Haji Karawang




Tim Paduan Suara SMP Muhammadiyah Karawang pada pawai ta'aruf Muhamamdiyah


Tapak Suci SMP Muhammadiyah Cikampek pada pawai ta'aruf sekligus tim keamanan

Ir.Risza Affiat, MM pada saat melakukan pemilihan e-Voting


Ketua Panitia Enda Rahmat, S.Pd mengungkapkan dalam sambutannya, bahwa acara ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari oleh panitia pelaksana. “Kami sangat berterima kasih kepada semua panitia yang sebagian besar dari AMM dengan tidak lelah-lelahnya bekerja siang malam untuk kesuksesan acara ini” ujarnya. Sementara itu, Ir.Risza Affiat, MM sebagai ketua PDM Karawang dalam sambutannya mengungkapkan keharuan atas acara yang bahkan tidak diduga akan semeriah ini, “Jujur saya sangat terharu dengan kerja keras panitia yang luar biasa. Saya berharap dengan kemeriahan acara ini, regenerasi kepemimpinan dilingkaran PDM Karawang, akan membawa muhammadiyah karawang menajadi terdepan dalam karya dan terbaik dalam presetasi, bekerjalah untuk Muhammadiyah!, Terima kasih AMM, sudah menemani saya dalam mengemban amanah ini” Ungkapnya sambil diiringi tepukan tangan dari semua yang hadir.

Tidak hanya acara pembukaan yang meriah, panitia pun sudah menyiapkan software e-voting untuk digunakan dalam pemilihan formatur. “Software ini memang kami dedikasikan khusus sebagai kado istimewa AMM untuk Muhammadiyah Karawang” Ujar Enda Rahmat. Sementara itu Divisi Riset dan IT mengungkapkan secara terperinci software e-voting yang dibuat hanya dalam waktu 2 minggu. “Kami hanya ingin membuktikan bahwa Muhammadiyah Karawang mampu berkarya. Software ini dibuat hanya dalam waktu dua minggu, dan kami masih melakukan testing dan simulasi sampai hari terakhir beberapa jam sebelum proses pemilihan formatur berlangsung, hal ini untuk memastikan kepada musyawarin bahwa software ini benar-benar secure dan valid”.

Kartu suara digital pada software e-Voting

Hasil Suara Formatur terpilih yang ditampilkan otomatis 9 nama pada software e-voting

Minggu, 27 Maret 2011 tepatnya pukul 13.15 acara pemilihan pun berlangsung. Kurang dari sejam hasil perhitungan sudah dapat ditampilkan. “Software ini otomatis akan menampilkan hasil pemilihan tanpa melakukan perhitungan secara manual” Lanjut Ikmal sambil memperlihatkan contoh hasil perhitungan suara dari software yang baru pertama digunakan di Karawang ini. Sementara itu, perangkat komputer, laptop, dan networking disupport penuh oleh SMK Muhammadiyah Cikampek. “Saya sangat berapresiasi dengan penerapan software e-Voting ini, karenanya saya support penuh perangakat yang dibutuhkan oleh panitia” Ujar Ir.Dede Setia Budi, kepala SMK Muhammadiyah Cikampek.

Pemilihan formatur menghasilkan Drs.Maman Kosman, Satu Ali, S.Pd, Drs.H.Dwi Setyono Agus, Enda Rahmat, S.Pd, Ir.Didi Sarbini Hs, Ade Rusdana,S.Pd.I, Drs.H.Aminudin, Wahyono, S.Pd.I, Drs.H.Sururi. Dalam sidang formatur terpilih sebagai ketua  Drs.Maman Kosman dan Satu Ali, S.Pd sebagai sekretaris. “Saya bukan yang terbaik diantara semua pimpinan, tanpa dukungan dan kerja sama dari semua pimpinan yang nanti akan masuk dalam struktur PDM Periode 2010-2015, saya tidak akan mampu menjadikan Muhammadiyah Karawang lebik baik. Insya Allah dengan kerja keras dan ikhtiar yang maksimal, kami akan mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya.” Ujar Drs.Maman Kosman dalam sambutannya pada penutupan Musda 6 Muhammadiyah Karawang. (el Maulana )

1 komentar:

Unknown mengatakan...

maaf saya mau nanya jumlah pimpinan wilyah muhammadiyah, pimpinan daerah muhammadiyah, pimpinan cabang muhammadiyah, dan pimpinan ranting muhammadiyah se indonesia ada berapa yah?
mohon informasinya kawan-kawan....
kalau bisa beserta jumlah anggotanya . . trimakasih